Tuesday 26 March 2013

Mekkah, Tanah Suci Penuh Sejarah

Picture by : Bayu Idham Fathurachman & achmad mahadi

Sebagai seorang muslim tempat pertama yang ingin saya kunjungi adalah Mekkah, selain sebagai tempat bersejarah Mekkah juga sebagai rumah Allah, beruntunglah bagi orang-orang yang telah berkesempatan untuk bertamu kesana untuk memenuhi rukun islam ke-5 baik melalui ibadah haji maupun umroh. Selain itu setiap ibadah yang kita lakukan di sana pahalanya akan berkali-kali lipat lebih banyak dibandingkan ketika kita beribadah di tempat lain. Bagi saya yang belum berkesempatan mendapatkan undangan kesana cukuplah melalui tulisan ini sebagai pengganti dan penebus rasa rindu keinginan untuk berkujung ke sana. Labbaik Allahumma labbaik, labbaika laa syariika laka labbaik, innal hamdah, wan ni'matah, laka wal mulk, laa syariika laka labbaik.

Tanah suci Mekkah begitu biasa kita menyebutnya, tempat yang suci, sakral, serta diagungkan. Ada banyak sekali tempat wisata di mekkah, terutama wisata rohani. Menelusuri sejarah yang telah di lalui nabi Muhammad SAW dan nabi-nabi lainnya serta melakukan ibadah pelengkap rukun islam yaitu ibadah haji. untuk lebih jelasnya saya akan memaparkan sedikit tempat-tempat yang biasanya dikunjungi dalam rangkaian ibadah haji.

  1. Masjidil haram : masjidil haram mempunyai keutamaan tersendiri, diantaranya adalah ibadah yang dilakukan di masjid ini pahalanya sama dengan 100 ribu kali sholat di tepat lain. Di Masjidil Haram juga terdapat Kakbah, bangunan yang didirikan nabi Ibrahim As yang merupakan patokan arah kiblat dalam melaksanakan ibadah sholat. Dan di Kakbah sendiri terdapat batu yang terdapat dalam kisah sejarah yaitu Hajar Aswad sebagai patokan awal pada saat tawaf dalam rangkaian ibadah haji dan umrah.
  2. Jabal Rahma : Setelah terpisahkan selama ratusan tahun akhirnya nabi Adam A.s dan Siti Hawa dipertemukan kembali oleh Allah SWT di jabal Rahma. Untuk mengenang peristiwa haru tersebut, di puncak bukit jabal Rahma di bangunlah sebuat tugu.
  3. Jabal Tsur : Di bukit ini terdapat gua tsur yang merupakan tempat persembunyian Rasulullah SAW dan sahabatnya Abu Bakar r.a dari kejaran kaum Quraisy
  4. Jabal nur : Di bukit yang tandus dan berbatu ini terdapat sebuah gua bersejarah yaitu gua Hira yang merupakan tempat Rasulullah SAW menerima wahyu untuk pertama kalinya.
Itulah sedikit tempat menarik yang saya ketahui di Mekkah, dengan menelusuri jejak rekam perjalanan Rasulullah dan nabi-nabi sebelumnya serta membayangkan kita berada di tempat yang sama pada zaman yang sama menyaksikan peristiwa sejarah yang sedang berlangsung merupakan kebahagiaan tersendiri tentunya. Semoga dapat menambah kecintaan kita kepada baginda Muhammad SAW dan menambah rasa syukur kita kepada Allah SWT. Serta semoga kita yang belum berkesempatan ke sana segera mendapatkan undangan dari Allah SWT dan bagi yang sudah pernah semoga diundang lagi, Aamin.
 

No comments:

Post a Comment