Tuesday 26 March 2013

Madinah dan Wisatanya

Picture by : Kabar24
Pada postingan sebelumnya saya membahas tentang wisata di kota Mekkah, maka pada postingan kali ini saya membahas tentang wisata di kota Madinah. Karena tak lengkap rasanya membahas kota Mekkah tanpa membahas kota Madinah. Apalagi kedua kota ini seperti pasangan, apabila di Al Qur'an ada surah yang tergolong Makiyyah yaitu surah yang diturunkan di Mekkah maka ada juga surah yang tergolong Madaniah yaitu surah yang diturunkan di Madinah. Terus juga dikisahkan dalam sejarah saat rombongan Rasulullah SAW hijrah, tujuannya adalah kota Madinah. Rombongan dari Mekkah disebut Muhajirin dan rombongan dari Madinah di sebut Anshar.

Madinah sendiri dulunya di sebut Yastrib. Di kota ini juga terdapat banyak jejak sejarah Rasulullah SAW. Ada pun banyak sekali tempat-tempat menarik untuk dikunjungi di kota Madinah, biasanya tempat-tempat ini dikunjungi dalam rangkaian ibadah haji dan umroh, diantaranya:

  1. Masjid Nabawi : Masjid Nabawi memiliki keutamaan sendiri, apabila kita beribadah di masjid nabawi maka pahalanya sama dengan 1000 kali lipat dibandingkan jika kita beribadah di tempat lain. Masjid Nabawi sendiri merupakan masjid Rasulullah SAW, karena yang membangunnya adalah Rasulullah SAW bersama para sahabatnya, dan merupakan masjid ke-2 yang di bangun Rasulullah SAW. Di masjid Nabawi sendiri terdapat makam Rasulullah dan juga Raudah yaitu tempat antara rumah dan mimbar Rasulullah.
  2. Jabal Uhud : Merupakan bukit tandus berbatu dan merupakan lokasi perang terkenal yaitu perang Uhud dimana kaum muslimin mengalami kekalahan dengan syahid nya 70 syuhada dan tanggalnya gigi Rasulullah.
  3. Masjib Qiblatain : Masjid ini merupakan tempat dimana Rasulullah menerima wahyu untuk memindah kan qiblat dari Baitul Maqdis ke Masjidil Haram seperti yang tertulis dalam surah Al Baqarah ayat 144. Dengan wahyu ini sendiri mengakibatkan Rasulullah pada saat itu shalat Dzuhur 2 rakaat menghadap Baitul Maqdis dan dua rakaat lainnya menghadap Masjidil Haram (kakbah). oleh karena peristiwa tersebut maka masjid ini dinamakan masjid Qiblatain.
  4. Masjid Quba : Merupakan masjid yang pertama kali dibangun Rasulullah SAW bersama para sahabatnya, sholat di masjid Quba sendiri pahalanya sama dengan pahala ibadah umrah.
Dengan menelusuri tempat-tempat bersejarah tersebut semoga dapat menambah keimanan kita kepada Allah dan Rasul-Nya, Aamin. Sampai jumpa di postingan  berikutnya.

No comments:

Post a Comment